Contoh Gambar Desain Kandang Kambing Modern dan Sehat

desain kandang kambing terbaik

Desain Kandang Kambing Terbaik – Kondisi kandang yang baik dan sehat merupakan salah satu penunjang dalam keberhasilan usaha ternak kambing anda. Kandang kambing yang sehat haruslah mempunyai desan yang baik yang meliputi pencahayaan, pembuangan kotoran dan tempat menaruh pakan. Selain itu kandang kambing yang baik adalah kandang kambing yang bersih dan kering sehingga kambing yang berada di dalamnya menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Desain Kandang Kambing Terbaik

Untuk membuat kandang kambing yang baik caranya tidaklah terlalu sulit, yang terpenting adalah ketelatenan dan keuletan. Namun jika anda merasa kesusahan dalam membuat kandang anda dapat membayar tukang yang ahli dibidangnya.

Bahan dan Material Untuk Membuat Kandang Kambing

Berikut ini beberapa bahan atau material yang dibutuhkan dalam membuat kandang kambing:

  • Kayu
  • Bambu
  • Kawat Anyaman
  • Asbes
  • Genteng
  • Pipa
  • Papan
  • Triplek
  • dll

Bahan atau material di atas tidak mutlak, kebutuhan bahan dasar untuk membuat kandang kambing tentunya dapat disesuaikan dengan jenis kandang yang akan anda buat.

Desain dan Gambar Kandang Kambing Modern Terbaik

Dalam pembuatan ukuran Kandang kambing juga harus di sesuaikan dengan kebutuhan (jumlah Kambing yang akan di ternak), sebaiknya 1 ekor kambing dewasa di tempatkan dalam kandang dengan ukuran 1,5 meter persegi dan jika Anda akan memulai usaha ternak Kambing dengan bibit awal 15 ekor maka ukuran kandang yang di butuhkan adalah dengan minimal 15 x 1,5 M persegi atau sama dengan sekitar 22.5 M persegi.

Untuk pembangunan kandang Kambing harus di rencanakan untuk perkembangan usaha ternak Kambing yang akan di jalankan. Kedepannya Anda akan membutuhkan kandang untuk menampung hasil dari anak-anak kambing yang telah di sapih, dan karena hal ini usahakan kandang kambing sudah di konsep untuk langkah kedepannya dengan membangun kandang yang lebih besar. Dengan memilikinya sebuah kandang yang baik (sesuai standar) merupakan sebuah investasi jangka panjang dan nantinya akan terpakai jika usaha ternak Kambing sudah semakin berkembang dan memerlukan banyak tempat. Memang dalam pembuatan kandang membutuhkan biaya yang tidak murah dan memerlukan tenaga ahli, namun usahakan kandang Kambing di bangun dengan bahan yang murah dan mudah di dapat tetapi kokoh.

Model kandang Kambing yang bagus adalah dengan tipe kandang berbentuk panggung, kandang panggung menjadi pilihan terbaik karena dengan konsep kandang seperti itu akan memudahkan perawatan, pengawasan, dan pembersihan kotoran Kambing. Kandang panggung juga dapat melindungi Kambing dari ancaman binatang pemangsa seperti binatang buas, hal ini berguna jika yang masih tinggal di daerah yang masih ada binatang buasnya. Dalam pembuatan kandang panggung di usahakan agar desain kandang miring agar kotoran dapat mudah mengarah pada saluran pembuangan kotoran. Kemiringan dapat di buat dengan kira-kira, yang penting kotoran lancar mengarah menuju saluran pembuangan. Dengan kandang semacam ini akan membuat kesehatan Kambing tetap terjaga dari serangan penyakit yang di timbulkan oleh kotorannya sendiri.

Di bawah ini adalah gambaran pembuatan kandang Kambing yang telah di lakukan oleh para peternak Kambing yang sudah berpengalaman :

ukuran kandang kambing

desain kandang kambing

contoh kandang kambing

konstruksi kandang kambing

kandang kambing modern

kandang kambing sehat

konsep kandang kambing

kandang kambing boer

kandang kambing bagus

Sumber:
http://www.bertaniorganik.com/2018/04/02/contoh-gambar-dan-desain-kandang-kambing-modern-dan-sehat/

desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik,desain kandang kambing terbaik

Leave a comment

Your email address will not be published.


*