Jenis Ayam Hias yang Paling Banyak diminati

jenis jenis ayam hias

Jenis Jenis Ayam Hias – Ada berbagai macam jenis ayam hias yang paling banyak diminati di indonesia, berikut ini akan kami coba uraikan beberapa jenis-jenis ayam hias tersebut.

Ayam Batik Itali

ayam batik itali

Seperti namanya salah satu unggas ini dikenal dengan sebutan ayam batik karena motif warnanya yang menyerupai motif seni batik indonesia. Postur tubuhnya kecil dan pendek hampir mirip dengan ayam kate.

Ayam Batik Kanada Coklat

ayam batik kanada

Ayam batik kanada memiliki warna khas perpaduan dari dua warna hitam dan ke emasan. Biasa disebut dengan Sebright Gold. Untuk ukurannya, sama dengan ukuran ayam batik itali. Rata-rata berat badan ayam batik kanada jantan adalah sekitar 600 gram, dan untuk betina sekitar 500 gram. Sifat-sifatnya juga agresif, lincah dan rajin bergerak.

Ayam Balenggek

ayam balenggek

Ayam ini berasal dari Kabupaten Solok di Sumatera Barat. Ayam ini mempunyai ciri-ciri sangat pintar berkokok dan suaranya merdu serta berirama.

Ayam Bekisar

ayam bekisar

Ayam ini merupakan ayam keturunan pertama dari hasil persilangan antara induk jantan dengan pejantan ayam hutan hijau Gallus varius dengan induk betina ayam kampung Gallus Domestika.

Ayam Bangkok

ayam bangkok

Ayam bangkok termasuk ke dalam jenis ayam yang cukup populer di kalangan pecinta ayam di Indonesia. Jenis ayam yang satu ini kerap dikaitkan dengan kegiatan sabung ayam. Sejarah ayam Bangkok dimulai pada tahun 1400 SM. Pada saat itu, kegiatan adu ayam atau sabung ayam sangat digemari di Negeri Tiongkok.

Ayam Cemani

ayam cemani

Keunikan cemani terletak pada warna hitam polos diseluruh badan termasuk kuku,kulit,tulang yang semuanya berwarna hitam. Bagi praktisi supranatural ayam cemani sering dipakai untuk alat ritual-ritual kepercayaan juga dipercaya bisa membantu menjadi penolak ancaman serangan ilmu hitam yang ditujukan kepada pemeliharanya. Cemani adalah salah satu ayam asli endemik lokal indonesia, populasi aslinya berasal dari daerah keresidenan kedu yaitu temanggung, wonosobo dan kabupaten magelang di jawa tengah

Ayam Cemani Walik

ayam cemani walik

Ayam cemani walik atau ayam cemani keriting merupakan salah satu jenis ayam cemani langka yang memiliki bulu terbalik di seluruh tubuhnya. Ayam cemani jenis ini memiliki pesona dan daya tarik tersendiri bagi para pelestari maupun kolektor ayam cemani.

Ayam Chocin

ayam chocin

Bentuk tubuhnya yang dipenuhi dengan bulu lebat dan lebat hingga kebagian kaki menjadikan nya memiliki karakeristik kemiripan dengan ayam brahma akan tetapi ayam cochin bentuk tubuhnya lebih bulat dan bagian jenggernya berbentuk sisir/wilah sementara brahma berjengger telon. Ada dua jenis yang berbeda dari ayam ini yaitu jenis bantam dan giant.

Ayam Hutan Merah

jenis jenis ayam hias

Populasi Asli dari jenis satwa hutan ini berada di kawasan pegunungan dan hutan di Indonesia dan malaysia. Green jungle fowl berasal dari hutan disebagian pulau jawa, madura hingga ke pulau nusa tenggara sementara red jungle fowl dari hutan disebagian provinsi jawa barat hingga hampir diseluruh kawasan hutan pulau sumatera.

Ayam Hutan Hijau

ayam hutan hijau

Ayam hutan hijau ini terdapat disekitar pulau Jawa, Bali, Kangean, dan Flores.

Ayam Hutan Kelabu

ayam hutan kelabu

Ayam hutan jantan memiliki bulu-bulu leher, tengkuk dan mantel berwarna kelabu berbintik hitam-putih dengan kulit muka merah, bercak putih di telinga, paruh kuning kecoklatan, iris mata kuning, ekor hitam keunguan dengan bulu tengah ekor yang panjang dan melengkung ke bawah. Sisi bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih dan kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji. Ayam betina memiliki kaki tidak bertaji, bulu-bulu yang pendek, berwarna coklat tua dengan bulu-bulu seperti sisik berwarna putih kecoklatan di bagian sisi bawah tubuh.

Ayam Hutan Srilanka

ayam hutan srilangka

Ayam hutan Sri Lanka , juga dikenali sebagai Ayam hutan Ceylon, adalah anggota dalam keluarga kuang yang mana mendiami kawasan di Sri Lanka. Ia juga menjadi burung kebangsaan bagi negara ini. Ayam hutan Sri Lanka berkait rapat dengan ayam hutan Merah.

Ayam Kalkun

ayam kalkun

Didunia internasional lebih dikenal dengan sebutan turkeys itulah ayam kalkun. Unggas yang memiliki postur tubuh besar, bobotnya bisa mencapai hingga 12-14kg, keindahan warna bulu serta bentuk ekornya yang mekar seperti layaknya burung merak menjadikannya sebagai salah satu ayam hias yang paling dicari dan diminati oleh para pecinta ayam hias di Indonesia.

Ayam Kapas

ayam kapas

Ciri khas bulunya yang lembut seperti kapas menjadikannya disebut dengan ayam kapas atau ayam silkies. Untuk kebiasaan, pola makan dan perawatan nya sama aja dengan jenis ayam hias lain pada umumnya.

Ayam Kate

ayam kate

Penghobi ayam hias di Indonesia sudah tak asing lagi dengan kate, ayam hias yang berasal dari jepang, posturnya kecil serta kaki yang pendek menjadi daya tarik para kolektor untuk mengkoleksi dan membudidayakan ayam ini. Ada berbagai jenis warna yang paling diminati dari kate yaitu jenis warna gold dan lurik school atau barred.

Ayam Kate Walik

ayam kate walik

Ayam Kate Walik merupakan jenis ayam hias yang berasal dari Indonesia. Ayam bantam yang satu ini memiliki bulu yang eksotis dengan ekor yang melingkar hingga ke depan wajahnya. Ayam Kate Walik sebenarnya hampir sama dengan Ayam Kate biasa yang membedakan hanyalah jenis bulunya yang memang terbalik.

Ayam Ketawa

ayam ketawa

Seperti namanya ayam ketawa adalah ayam hias yang dinilai keindahannya dari suara kokoknya yang menyerupai orang yang sedang tertawa. Adapun jenis – jenis dari ayam ketawa yang dibagi menurut jenis kokoknya yaitu jenis kokok kuntilanak, slow, dangdut, gretek dll.

Ayam Mutiara

ayam mutira

Ayam Mutiara atau yang biasa disebut dengan Guinea Fowl adalah salah satu jenis unggas yang brasal dari Afrika. Tapi tidak menutup kemungkinan jika ayam mutiara bisa terbang seperti burung karena jenis ayam ini termasuk jenis burung (aves). Ayam mutiara ini ternyata mirip dengan varietas ayam belanda, yang membedakannya adalah ukuran tubuhnya yang lebih kecil.

Ayam Onagadori

ayam onagadori

Ayam Onagadori merupakan ayam yang berasal dari negara Jepang memiliki ekor yang unik dengan panjang hampir 10m di negara asalnya. Sementara di Indonesia Ayam Onagadori yang dipelihara dengan baik ekornya dapat mencapai sekitar 1,5 meter. Sesuai dengan namanya Onagadori yang berarti “O” ekor, “naga” panjang dan “dori” yang artinya unggas.

Ayam Pelung

ayam pelung

Suara kokoknya yang lantang berdurasi panjang serta posturnya yang tinggi besar itulah yang menjadi nilai dari ayam pelung. Ayam ini asli berasal dari kabupaten cianjur di jawa barat. Bila durasi suara kokoknya panjang / lama maka harganya juga bisa semakin tinggi apalagi bila diikutkan kontes dan bisa juara maka pundi-pundi uang akan mengalir deras ke kantong anda.

Ayam Pheasant

golden pheasant

Jenis ayam pheasant yang paling populer adalah golden pheasant dan lady amherst. Di indonesia pada awalnya lebih dikenal dengan sebutan ayam tibet atau ayam hong tapi seiring perkembangan zaman akhirnya saat ini orang lebih mengenalnya dengan sebutan ayam pheasant. Untuk keindahan ayam ini sudah tak perlu diragukan lagi, telah banyak media yang menjuluki nya dengan sebutan “bird from paradise”.

Ayam Phoenix

ayam phoenix

Ayam Phoenix adalah jenis ayam hias yang dikembangkan di Jerman karena adanya hasil persilangan antara Ayam Onagadori dengan jenis ayam hias lainnya.

Ayam Poland

ayam poland

Ayam Poland merupakan salah satu jenis ayam unik yang berasal dari Belanda. Ayam ini biasa disebut dengan ayam Polish, Ayam Polandia, Ayam Mahkota atau Ayam Jambul. Cara membedakan Ayam Poland dengan jenis ayam yang lain bisa Anda lihat di bulu kepalanya yang cukup lebat sehingga sampai menutupi matanya.

Ayam Serama

ayam serama

Bentuk dada yang tegak dan membusung layaknya seorang jagoan berpadu dengan postur tubuh yang sangat kecil itulah ciri khas dari Serama. Pertama kali dipopulerkan di malaysia sehingga juga diklaim sebagai ayam hias asli dari malaysia. serama memiliki sedikit karakteristik menyerupai kate.

Ayam Sumatera

ayam sumatera

Ayam ini merupakan ayam khas atau lokal yang berkembang biak di Sumatera Barat yang mempunyai ciri-ciri perawakannya tegap, berkepala kecil, paruh pendek, kuping kecil, jengger wilah merah, kulit muka merah hingga hitan, dan bobotnya sekitar 2 kg untuk jantan dan 1,5 kg untuk betinanya.
jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias,jenis jenis ayam hias

Leave a comment

Your email address will not be published.


*