Syarat Membuat Kandang Sapi Yang Baik dan Benar

syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar

Syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar – Secara keseluruhan, kandang memegang peranan utama dalam usaha sapi, bisa dibilang kandang tempat bernaung adalah kunci kesuksesan beternak maupun penggemukan sapi. Baik tidaknya kandang bukan dinilai dari konstruksi yang mewah dan mahalnya bahan dalam pembuatannya, tetapi terpenuhinya berbagai faktor baik konstruksi, kesehatan dan faktor ekonomis-lah, yang membuat sebuah kandang dikatakan baik.

Fungsi Kandang Bagi Ternak

Kita mulai dari pemahaman tentang fungsi kandang sebenarnya supaya kita betul – betul mengetahui pentingnya kandang yang baik bagi sapi. Umumnya, kandang dibuat agar ternak yang kita pelihara terhindar dari panas matahari yang menyengat, hujan secara langsung, cuaca ekstrim maupun hal lain yang rawan membuat ternak terkena penyakit. Kandang juga merupakan rumah bagi ternak yang dapat mencegah ternak kita dari orang yang tidak bertanggung jawab, dari gangguan binatang malam dan binatang buas.

Selain itu dengan adanya kandang maka kontrol pada ternak bisa lebih bagus dan teratur. Pemberian pakan pada ternak sapi akan lebih mudah, ternak juga tidak membuang kotoran sembarangan dan bisa kita manfaatkan kotorannya tersebut untuk dijual sebagai pupuk. Termasuk kita bisa memantau pola tingkah laku hewan yang sedang sakit dengan lebih aman dan spesifik di dalam kandang. Itulah mengapa, menurut prinsip kandang sapi modern, harus kita buat senyaman mungkin sehingga hewan yang ada di dalam tidak merasa stress yang berujung pada sakit dan kematian.

Segala aspek harus diperhitungkan secara matang, baik aspek suhu lingkungan, teknis perancangan maupun aspek ekonomis bagi para pelaku usaha. Karena kandang merupakan investasi jangka panjang bagi pelaku usaha, maka hendaknya dengan biaya yang tidak terlalu mahal kandang dapat bertahan lama. Kandang sapi sederhana lebih baik daripada kandang yang mewah namun boros biaya dan mubadzir.

Syarat Membuat Kandang Sapi yang Baik dan Benar

Tujuan dibuatnya kandang adalah sebagai efisiensi dalam pengelolaan ternak yang artinya kandang akan memudahkan segala upaya pemeliharaan ternak. Oleh karena itu dalam membuat kandang kita perlu memperhatikan ketersediaan beberapa hal dibawah ini. Apakah ada atau tidak di lokasi kandang yang akan kita buat karena akan berhubungan erat dengan teknis dan berjalannya fungsi kandang sebagai pendorong sukses dalam usaha ternak.

  1. Ketersediaan air dan pakan sehari – hari, susah didapat atau tidak
  2. Sumber air untuk membersihkan kandang dan memandikan ternak
  3. Jauh dari pemukiman penduduk / tidak mengganggu kesehatan sekitar
  4. Akses menuju kandang menyulitkan atau tidak
  5. Posisi kandang berada didataran yang lebih tinggi untuk mencegah genangan air berlebih
  6. Lahan sebaiknya luas jika suatu saat kandang diperbesar
  7. Ketersediaan bahan dan peralatan pembuatan kandang
  8. Penyaluran limbah maupun kotoran mudah

Perancangan Kandang Sapi Tepat Guna

Oke, sebelum memasuki fase perancangan kandang sapi secara teknis, kita perkirakan bentuknya dengan pola pemeliharaan yang akan kita pakai. Apakah itu merupakan kandang yang fungsi nya sebagai tempat perkawinan, atau kandang penggemukan, kandang jantan dan betina, atau kandang pembesaran anakan. Setelah menentukan fungsi/kegunaan kandang nantinya, kita bisa mulai memikirkan poin – poin penting yang paling mendasar mengenai konstruksi kandang. Hal – hal yang harus ada di dalam kandang.Yaitu:

Atap Kandang :

Umumnya orang – orang memilih asbes, rumbia, seng dan genteng sebagai bahan penutup kandang mereka. Apapun itu sesuaikan dengan keadaan iklim di lingkungan kita, karena yang terpenting adalah sirkulasi udara harus lancar / ada ventilasi. Pada daerah panas usahakan hindari seng sebagai atap kandang jika tidak ada cover/pelapis nya. Ketinggian atap untuk tempat yang iklim nya panas juga harus lebih tinggi, Paling tidak 4,5 meter agar hewan tetap dalam kondisi nyaman saat siang hari. Kemiringan atap dapat kita atur sendiri sesuai dengan karakteristik bahan – bahan tersebut.

atap-kandang-sapi-usaha ternak

 

Lantai Kandang :

Bisa dibuat dari beton, kayu atau tanah asal tidak licin. Biasanya masyarakat pedesaan memadatkan tanah dengan ditutupi campuran jerami dan rumput-rumputan kering agar lantai bisa menyerap urine dengan baik. Yang terpenting adalah kemiringan lantai agar urine sapi yang keluar dapat segera diserap maupun mengalir ke selokan. Jangan terlalu miring, maksimal 5 derajat sudah cukup. Agar sapi tidak terpeleset.

lantai-kandang-sapi-usaha ternak

 

Dinding Kandang :

Dapat dibuat dari bahan kayu, beton maupun bambu. Umumnya tempat dengan suhu dingin menggunakan dinding beton yang tinggi nya minimal sama dengan sapi. Karena suhu yang terlalu dingin juga tidak baik. Untuk tempat yang bersuhu panas, orang – orang hanya menggunakan bambu maupun kayu yang dirangkai asal sapi tidak sampai keluar kandang.

 

Lorong :

Tujuan dibentuknya lorong dalam sistem perkandangan adalah efisiensi dan kemudahan dalam pemberian pakan sapi maupun pembersihan kandang. Letak lorong usahakan agak lebar ditengah tengah kandang jika anda menggunakan sistem kandang dua baris. Baik itu kandang head-to-head maupun tail-to-tail. Dengan adanya lorong setiap sapi yang ada di dalam kandang dapat kita jangkau dari dekat.
orong-kandang-sapi-usaha ternak

 

Palungan Makan dan Minum :

Adalah tempat menaruh makanan dan minuman bagi sapi. Biasanya terbuat dari tembok maupun batu yang dibentuk persegi panjang. Besar wadah minum lebih kecil daripada wadah makan. Untuk ukurannya menyesuaikan dengan bentuk kandang sapi tersebut. Tinggi palung harus proporsional dengan tinggi sapi di dalam kandang. Jangan terlalu tinggi jangan terlalu rendah.
palungan-makan-minum-sapi-usaha ternak

 

Selokan :

Merupakan jalan pembuangan kotoran baik feses, urin maupun sisa2 pakan yang berserakan di dalam kandang. Letaknya biasanya di belakang kandang. Ada yang menghubungkannya langsung ke sungai ada yang ditampung lebih dulu untuk diolah kembali menjadi pupuk. Setting pemberian selokan juga menyesuaikan tipe kandang yang dibuat. Tidak usah terlalu besar, ukuran 40cm sudah cukup lebar untuk saluran pembuangan.

Penampungan Limbah Feses dan Urine :

Ini merupakan alternatif pengolahan limbah dari sapi yang layak dipertimbangkan. Usahakan penampungan tidak jauh – jauh dari lokasi kandang. Bisa di belakang kandang atau di samping kandang. Dan penampungan bisa kita bagi dua, penampungan feses maupun penampungan urine. Urine sapi bisa dimanfaatkan dengan menambahkan instalasi biogas digester di dekat saluran kandang, dan untuk feses ditampung pada satu tempat untuk dikeringkan dan diubah menjadi pupuk. Namun bila anda ingin membuang sisa kotoran dan urine langsung, maka usahakan anda membuat galian atau saluran keluar langsung menuju ke sungai yang cukup besar.

Beberapa contoh desain konstruksi kandang sapi sederhana pilihan:

kandang sapi

kandang sapi

contoh kandang sapi

desain kandang sapi

kandang sapi modern

kandang sapi yang bail

konstruksi kandang sapi

kandang sapi bagus

kandang sapi perah

kandang sapi bali

kandang sapi potong

kandang sapi qurban

kandang sapi bali

kandang sapi sederhana

kandang sapi potong

kandang sapi modern

kandang sapi

desain kandang sapi

contoh desain kandang sapi

contoh kandang sapi

konstruksi kandang sapi

contoh konstruksi kandang sapi

kandang sapi sedrhana


Sumber:
http://www.nuansa-baru.com/cara-membuat-kandang-sapi-yang-baik-dan-benar/
http://ndikhome.com/1313/24-desain-konstruksi-kandang-sapi-sederhana-pilihan.html
syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar, syarat membuat kandang sapi yang baik dan benar

Leave a comment

Your email address will not be published.


*