Skip to main content
tanaman obat dalam pot

10 Tanaman Obat yang bisa ditanam di Pot

Tanaman Obat dalam Pot – Pernahkah tiba-tiba mengalami sakit perut? dan pas di rumah tidak sedia obat sama sekali. sementara mau ke apotik tidak ada yang dekat. Coba kalau ada tanaman obat di pot atau pekarangan, pasti sangat membantu meringankan sakitnya ya. Jadi besoknya bisa ke dokter atau ke apotik, ata siapa tahu justru sudah sembuh karena berikhtiar dengan tanaman obat sendiri.

Tanaman Obat dalam Pot

Lalu apa saja sih tanaman yang punya manfaat obat dan bisa ditanam sendiri di rumah?

1. Jahe

Dapat diolah jadi minuman bandrek, wedang ronde, sekoteng. sebagai minuman, jahe dipercaya mengobati masuk angin, perut sebah, muntah. dan bisa juga digosok pada bagian tubuh yang mengalami nyeri otot.

2. Kunyit

Kunyit sangat populer dalam masakan india. Dan di indonesia semua tahu nasi kuning juga menggunakan kunyit. herba ini biasa dijual dalam bentuk utuh, bubuk, dan potongan yang dikeringkan. Manfaatnya antara lain untuk mengurangi peradangan atau inflamasi bahkan tanpa menghasilkan toksik. Kunyit juga dipercaya mengurangi panas dalam, mencegah kanker, meningkatkan fungsi hati,

3. Lengkuas

Lengkuas juga menjadi salah satu bumbu di masakan, sedangkan jenis lengkuas yang digunakan untuk pengobatan adalah lengkuas merah. Herba ini dipercaya bisa mengobati peradangan dalam perut, diare, mabuk lauk, rematik dan mengembalikan nafsu makan.

4. Temulawak

Obat nafsu makan yang murah adalah temulawak, itu sebabnya dalam supplemen penggemuk dan obat untuk meningkatkan napsu makan anak-anak selalu ada kandungan temulawak. Selain itu dipercaya juga sebagai obat jerawat, anti peradangan, peluruh (diuretik), melancarkan asi, dan bahkan senyawanya merupakan racun bagi nyamuk.

5. Kencur

Orang jawa sejati pasti mengenal tanaman ini karena masih dibuat jamu beras kencur hingga kini. Daunnya bahkan juga dikonsumsi sebagai urap di berbagai daerah di Indonesia. Kencur dapat melegakan tenggorokan saat mengalami radang. Efek lainnya, sebagai obat diare, pelancar haid, peluruh dahak, dan menyegarkan badan yang kelelahan.

6. Serai

Si anggota rumput-rumputan ini berkhasiat sekali untuk menghilangkan rasa mual dan kram saat menstruasi loh. Cobalah buat teh dari rebusan serai ini tiap pagi saat datang bulan. Bagi yang mengalami sakit perut seperti masuk angin atau kelebihan gas dalam perut juga bisa mengaplikasikan pengobatan menggunakan serai.

7. Seledri

Daun yang ada di sayur sop ini bisa untuk mengobati tekanan darah tinggi, batuk, anemia, rematik dan menyuburkan rambut.

8. Bayam Duri

Tahukah kalau bayam yang nampaknya tidak cantik ini memiliki banyak sekali manfaat, dari daun bahkan ke akarnya.
Akarnya sendiri bisa dgunakan untuk obat disentri, keputihan, sakit gigi. Daunnya bisa untuk memperlancar asi, tambah darah, dan menurunkan demam.

9. Sirih

Mengenai sirih sudah pernah saya bahas di post sebelumnya. Tanaman menjalar ini paling baik untuk obat bau badan, bau mulut karena ada kandungan antiseptiknya. Sirih juga tersohor bisa meredakan mimisan.

10. Jeruk Nipis

Buah yang satu ini selain dapat dijadikan minuman juga bisa menjadi tanaman obat yang mudah ditanam di pot (meski ukuran pot harus besar supaya akarnya leluasa mencari makan). Khasiat jeruk nipis antara lain, pertolongan pertama pada demam, mengobati sembelit, meredakan batuk (biasa dicampur kecap atau madu supaya tidak terasa masam).
Selain itu,hidangan soto di indonesia lazim diberi jeruk nipis supaya segar.

Begitu banyak tanaman obat yang sesungguhnya mudah dan murah dan bisa didapatkan di pasar tradisional. Namun apa salahnya kita menanam sendiri tanaman-tanaman yang saya sebutkan di atas, selain indah, juga bisa dijadikan alternatif pengobatan saat kita dihampiri penyakit ringan seperti demam.

Selamat berkebun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!