Skip to main content
Budidaya Ayam Joper

Budidaya Ayam Jawa Super (Joper)

AyamJoper.co.id – Ayam jawa super atau biasa disebut dengan ayam joper adalah salah satu ayam yang paling dicari peternak dan masyarakat saat ini. Ayam joper adalah ayam silangan dari ayam kampung asli dan ayam petelur, hal ini membuat ayam joper yang dapat dipanen dengan waktu yang sangat cepat adalah kabar gembira yang bisa menghemat 80% ongkos peternak untuk pakan ayam. Walau demikian rasa ayam jawa super sungguh mirip dengan ayam kampung asli dan tidak ada perbedaan yang signifikan.

Berbeda dengan beternak ayam kampung asli yang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, yakni hingga mencapai 6 bulan. Tentunya banyak orang yang beralih ke ayam jawa super sebagai pilihan, namun kualitas ayam joper juga harus diperhatikan karena perkembangan ayam bergantung pada kualitas doc, kandang dan pemberian pakan yang disiplin. Hal ini harus diperhatikan bagi ternak ayam jawa super pemula

Harga ayam jawa super cenderung stabil di pasaran, namun anda harus sering mengecek di pasaran untuk mendapatkan pembaruan harga ayam jawa super. Jika anda ingin membeli DOC Ayam jawa super kami sarankan untuk memilih bibit yang berkualitas tinggi. Kami dari Andalas Farm perusahaan di bidang peternakan sudah bertahun – tahun menjaga kualitas bibit ayam joper kami dan selain itu kami sudah berpengalaman lebih dari 3 tahun di bidang peternakan dan distribusi, karena itulah kami dapat dipercaya seluruh peternak di Indonesia.

Cara Mudah Beternak Ayam Joper

Langkah dalam beternak ayam joper sebenarnya relatif mudah dan sederhana, serta kandang yang dibutuhkan tidak harus mahal. Prinsipnya adalah kandang harus kering, alasnya tidak boleh basah, sirkulasi udara yang baik, dan usahakan gunakan kandang tipe lantai semen / postal.

Sangat cocok untuk pekerjaan sampingan dengan pekerjaan besar lainnya, dan dapat disesuaikan untuk pemberian makan pagi dan sore hari sesuai kebutuhan. Vitamin, obat-obatan dan vaksinasi juga perlu mengoptimalkan pertumbuhan dan mencegah penyakit. Untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa cara beternak ayam joper yang bisa Anda ikuti.

Persiapan Kandang

Kualitas hidup hewan ternak tergantung pada tempat tinggal. Tidak terkecuali dengan ayam joper. Menurut peraturan, kandang dan kenyamanan yang baik akan menjadi rumah yang ideal bagi ayam Joper untuk tumbuh dan berkembang terbaik. Namun, jika hal-hal kotor di dalam kandang tidak mengikuti aturan, ayam Joper justru akan merasa stres dan terhambat.

Efek yang lebih serius adalah kematian atau gagal panen. Tentu saja Anda tidak ingin mengalami hal-hal buruk. Karena itu, buat kandang Joper senyaman mungkin. Jangan biarkan kandang seperti kandang ayam lokal biasa yang bisa dilepas kapan saja. Meskipun Joper memiliki karakteristik dan perawatan intensif sendiri.Tidak ada aturan yang jelas tentang seberapa besar kandang harus dibuat. Tapi Anda harus memperhatikan kepadatan ayam di kandang.

Jika Anda ingin menganggapnya serius, Anda dapat menggunakan beberapa kandang. Ada kandang awalan, kandang diperluas. Idealnya, kandang ayam Joper harus ditempatkan jauh dari daerah perumahan, tetap bersih, memiliki kebutuhan air yang cukup, dan dapat dicapai dengan transportasi reguler. Perhatikan juga arah pembuatan kandang. Kandang yang baik harus memiliki sirkulasi udara yang cukup, ini adalah kandang dari timur ke barat secara longitudinal.

Bibit Ayam Joper Unggul

bibit ayam joper

Kualitas ayam Joper sangat tergantung pada bibit anakan ayam joper. Karena itu, pilih bibit yang berkualitas tinggi. Jika Anda ingin memelihara ayam Joper untuk diambil dagingnya, pilihlah bibit yang besar dan cepat tumbuh. Gunakan bibit yang baru saja menetas selama 21 hari, tidak kurang atau lebih.

Anak ayam Joper memiliki kualitas yang baik, dengan mata yang sehat, cerah, tubuh yang kuat, bulu yang tidak cacat, karakteristik bersih dan berkilau. Jika tidak ada tanda-tanda yang ditemukan, adalah mungkin untuk menentukan apakah anak ayam Joper sakit dan karenanya tidak cocok untuk berkembang biak. Karena itu, harus sangat hati-hati ketika memilih keturunan ayam Joper.

Pakan yang Sesuai

pakan-ayam-joper

Pakan adalah faktor keberhasilan utama untuk memelihara ayam Joper. Memberi makan ayam Joper setiap hari harus memenuhi ukuran porsi dan nutrisi yang diperlukan. Anda dapat membeli pakan ayam Joper di toko pakan ternak terdekat. Namun, Anda harus terlebih dahulu memberi tahu penjual tentang umur ayam Joper yang akan dikembangbiakkan, karena pakan harus berdasarkan umurnya.

Loader kecil membutuhkan pakan yang halus dan mudah dicerna. Pastikan bahwa pakan ayam yang mengontrol Joper didistribusikan secara merata. Tidak boleh ada ayam joper yang tidak ingin makan, agar pertumbuhannya tidak terhambat dan bahkan berakibat fatal. Jika ini terjadi, segera periksa ayam Joper yang relevan untuk perawatan lebih lanjut.

Vaksin dan Multivitamin

vaksin-ayam-joper

Selain pakan, hal yang juga harus Anda perhatikan adalah pemberian vaksin dan juga multivitamin untuk tetap menjaga kondisi ayam joper agar tetap prima. Untuk ayam dengan umur 1 sampai 3 hari, pemberian vaksin bisa diteteskan pada mata ayam joper, sedangkan untuk ayam joper diatas umur 10 hari bisa dicampurkan melalui minumannya. Sedangkan untuk pemberian multivitamin bisa langsung dicampurkan pada minuman ayam joper.

Sirkulasi Udara Kandang

kandang ayam joper

Hindari adanya genangan air di sekitar kandang (terutama di dalam), karena genangan air bisa menjadi bahaya tersembunyi. Jika ayam Anda telah terpapar penyakit umum, seperti tetelo, ingus atau gumbolo, harap obati dengan obat yang tepat untuk penyakit tersebut. Anda dapat membeli obat-obatan untuk penyakit ayam Joper di toko unggas atau peternakan ayam terdekat.

Namun, tidak semua jenis penyakit unggas dapat diobati. Terkadang sulit atau tidak mungkin untuk disembuhkan, jadi solusi terbaik adalah memisahkan mereka sambil terus memberikan perawatan dan pemberian makanan terbaik. Dengan mengatur sirkulasi udara pada kandang ayam joper, akan dapat menghindari adanya udara yang lembab, sehingga kemungkinan adanya genangan air akan semakin berkurang.

Pemeliharaan Ayam Joper

Langkah selanjutnya adalah manajemen pemeliharaan. Mulailah membersihkan kandang, memberi makan, untuk pertumbuhan ayam yang sehat harus dirawat dengan hati-hati, pertimbangkan ayam Joper secara menyeluruh. Anda harus memahami bahwa manajemen pemeliharaan sangat menentukan keberhasilan bisnis unggas Joper. Manajemen pemeliharaan selalu mengontrol kebersihan kandang, dan memelihara serta memvaksinasi ayam Joper.

Anda harus membersihkan kandang secara teratur untuk menghindari menumpuknya kotoran yang akan mempengaruhi pertumbuhan ayam Joper. Kebutuhan makanan sehari-hari harus dipenuhi dengan baik. Beberapa ayam Joper harus ditimbang setidaknya seminggu sekali untuk mengetahui apakah pakan yang diberikan bekerja dengan baik dan sebaliknya. Vaksinasi juga harus dilakukan secara teratur untuk mencegah ayam Joper dari berbagai penyakit unggas.

Masa Panen Ayam Joper

panen ayam joper

Masa panen adalah tahap yang paling diinginkan bagi petani. Ayam joper memasuki masa panen didasarkan pada permintaan pasar dan berat dan umur. Ayam ini dapat dipanen pada usia 6 minggu dan biasanya memiliki berat rata-rata 0,7-0,9 kg. Jika Anda memanennya pada umur 10-12 minggu, Anda dapat menimbang 0,9-1,1 kg, dan menimbang setiap ayam Joper sebelum panen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!