Skip to main content
cara menjodohkan burung jalak bali

Cara Jitu Menjodohkan Burung Jalak Bali

Cara Menjodohkan Burung Jalak Bali – Keberhasilan penangkaran burung Jalak Bali sangat ditentukan oleh pasangan baru yang akan ditangkarkan sebagai calon induk.

Tahapan Menjodohkan Burung Jalak Bali

Untuk menentukan induk yang baik, faktor-faktor berikut ini harus diperhatikan, yakni:

Mutu atau Kualitas

Burung yang akan ditangkarkan sebaiknya telah benar-benar diseleksi kualitasnya, yang meliputi mutu suara atau kicau, mental dan jiwanya, keutuhan fisik serta daerah asal.

Umur Burung

Umur burung yang akan ditangkarkan sangat menentukan kualitas piyik atau anakan yang dihasilkan. Anak atau piyik dari induk yang terlalu muda selain kondisi fisiknya lemah, juga kicau atau suaranya akan kurang keras atau bantas. Kemungkinan lain adalah induk muda ini kurang atau belum mampu merawat anaknya dengan baik, sehingga kemungkinan mati di saat kecil sangatlah besar. Sebaliknya, induk yang umurnya terlalu tua selain sudah kurang produktif, telur yang dierami kemungkinan tidak dapat menetas. Kalaupun dapat menetas anaknya kurang sehat atau bahkan mati,
Umur yang baik bagi penangkaran burung Jalak Bali adalah 2 tahun bagi pejantan dan 1,5 tahun bagi betina, sebab pada umur tersebut Jalak Bali telah mencapai dewasa kelamin. Apabila induk burung yang ditangkarkan berasal dari satu keturunan (dari induk yang sama), penangkaran dapat dimulai pada umur 1,5-2 tahun.

Asal-usul Pasangan

Satu induk yang sama, yakni dari satu tetasan yang pada umumnya terdiri atas jantan dan betina.Keuntungan pasangan dari induk yang sama ini adalah lebih mudah menjodohkannya serta mudah pula menentukan jantan dan betinanya, karena mereka telah berpasangan sejak menetas. Kelemahannya adalah, keturunannya susah untuk menghasilkan kombinasi suara lain karena berasal dari satu darah atau satu garis keturunan.

Jenis Kelamin

Semakin dewasa ciri-ciri fisik burung ini semakin terlihat jelas. Jika dilihat secara keseluruhan, bulu lancur atau bulu yang tumbuh pada bagian kepala belakang secara jelas dapat membedakan jenis kelamin jalak bali. Biasanya jalak bali jantan memiliki lancur yang lebih panjang sehingga membuat burung jalak jantan ini lebih terlihat sangar dibandingkan dengan yang jalak bali betina.

Kecocokan Pasangan

Burung yang telah ditentukan jenis kelaminnya belum menjamin pasangan ini dapat akur atau jodoh dan dapat menghasilkan telur atau keturunan. Burung jantan dan betina yang disatukan dalam sangkar belum pasti cocok, mereka dapat saling menyerang, dan mungkin pula si jantan kalah oleh betinanya. Dalam hal semacam ini, pasangan burung ini harus segera dipisahkan agar tidak mengalami kerusakan bahkan dapat mengakibatkan matinya salah satu burung.

Kesehatan

Burung yang disiapkan untuk induk, hendaknya betul-betul telah diseleksi kesehatannya, baik kesehatan fisik maupun mentalnya lebih-lebih pada burung yang cacat. Burung yang kurang sehat atau tidak fit tidak mungkin menghasilkan anakan yang yang baik seperti yang diharapkan. Bila burung yang dijodohkan ini sakit, akibatnya akan lebih fatal. Oleh karena itu, burung yang dijodohkan harus selalu dijaga kesehatannya melalui perawatan, pemberian makan yang baik serta kebersihan kandangnya. Selain umur prodiktifnya panjang, kesehatan burung juga akan menghasilkan keturunan yang baik dan memuaskan

Cara Menjodohkan Burung Jalak Bali

Bila calon induk yang akan ditangkarkan telah dipilih serta telah memenuhi syarat tersebut di atas, tiba saatnya untuk memasukkannya ke dalam kandang penangkaran. Cara menjodohkannya ada dua cara yaitu :

1. Dengan sistem koloni

Penjodohan dengan menggunakan sistem koloni ini, dilakukan sejak burung jalak bali masih remaja, Dengan sistem ini harus membutuhkan banyak jumlah indukan di dalam kandang yang disatukan bersama-sama, agar bertujuan burung mencari pasangan yang menurutnya yang cocok dan jodohnya.

2. Dengan sepasang indukan pilihan

Penjodohan yang dilakukan dengan menempatkan calon indukan jalak bali betina, dari calon indukan jalak bali jantan, pada sangkar yang berbeda dan diletakan berdekatan. Dengan tahapan ini bertujuan untuk pengenalan jantan dan betina agar dapat berjodoh. Masa pengenalan ini berlangsung selama 3 – 9 hari.

Selama proses ini anda dapat melihat tingkah laku dan prilaku kedua burung tersebut, jika ada tanda-tanda kedua burung berjodoh : jika pada malam hari saat burung beristirahat keduanya tidur saling berdekatan di ujung sangkar masing-masing, terlihat akur dan tidak emosional untuk berkelahi, serta burung lebih rajin berkicau dan sahut-sahutan menunjukan kode bahasa tubuh yang berarti sepasang indukan pilihan anda 80% bisa berjodoh.

Namun sebaliknya jika kedua burung tidak menunjukan perilaku seperti yang telah dijelaskan diatas, berarti kondisi burung belum siap untuk di kawinkan atau tidak berjodoh.

Catatan : Jika burung yang tidak berjodoh di dalam satu sangkar/kandang ternak, prilaku jalak jantan dan betina bisa berkelahi. Dan harus segera dipisahkan, karena dapat menyebabkan kematian pada jalak bali betinanya.

Setelah kedua burung ini berjodoh, boleh disatukan didalam kandang penangkar (ternak) kembali untuk melanjutkan proses perkawinan dan ketahapan selanjutnya, sepasang burung jalak bali ini akan kawin dan tidak berapa lama akan bertelur. Tidak selang berapa lama indukan betina pasti akan membuat sarang dan bertelur, proses pengeraman telur memakan waktu selama 14 hari (2 minggu), setelah telur sudah menetas kemudian indukan meloloh burung piyikannya (anakan). Pada waktu pemisahan anakan dengan induknya baiknya dalam waktu 1 minggu baru boleh di sapih / dipisahkan.

Jika anakan jalak bali sudah dipisah dan dimasukan ke kandang khusus, baru perawatan intensif dilakukan untuk membesarkan anakan burung ini. Karena di masa perkembangan ini anakan burung sangat sensitif dan mudah mati.
cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali,cara menjodohkan burung jalak bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!