Skip to main content
cara merawat anakan jalak

Cara Perawatan Piyikan Jalak Bali Dengan Benar

Cara Merawat Anakan Jalak Bali – Sistem pembesaran anakan yang sudah di lakukan oleh beberapa penagkar ada dua sistem, yaitu dengan membiarkan anakan di asuh oleh induknya sendiri atau di pelihara oleh penangkar dengan mengambil pada hari ke lima kemudian di rawat penangkar sendiri. Banyak para penanggkar menggunakan sistem pembesaran dengan di rawatnya sendiri.

Hal tersebut di lakukan karena melihat dari sisi ekonomi yang di kehendaki oleh penangkar. Pembesaran piyikan Jalak Bali yang di rawat oleh penangkar sendiri memberikan keuntungan yang berlipat di bandingkan pembesaran yang di lakukan oleh indukan Jalak Bali itu sendiri.

Setelah kita mengambil anakan Jalak Bali dari kandang yang sudah berumur lima hari,penangkar harus menyiapkan beberapa peralatan untuk memberikan tindakan pada anakan Jalak Bali tersebut.

Peralatan yang perlu di persiapkan antara lain ruangan ingkubator, lampu pijar, temperatur ruangan dan kertas koran yang di gunakan untuk tatakan.

Selanjutnya anakan Jalak Bali yang telah berumur lima hari kita masukan ke ruangan ingkubator tersebut, akan tetapi terlebih dahulu kita mengatur suhu ingkubator seperti suhu di waktu mengeram yaitu 28c sampai 30c.

Suhu tersebut harus selalu di awasi setiap 2 jam sekali dan jika suhu melebihi yang sudah di tetapkan,anda bisa mengeserkan anakan cucakrawa agak menjauh dari lampu pijar, jika kurang suhunya, maka anakan cucakrawa di dekatkan dengan lampu pijar tersebut.

Lain halnya jika anakan di besarkan oleh induknya sendiri,indukan meloloh anakan dari menetas sampai anakan dapat memakan makanan sendiri.induk burung akan memilih dan memberikan jenis pakan yang sesuai dengan anaknya.

Cara Merawat Anakan Jalak Bali

Pembesaran oleh penangkar di lakukan saat anakan Jalak Bali berumur lima hari. Keuntungan dari pembesaran anakan oleh si penangkar adalah sebagai berikut.

  1. Indukan cepat bertelur lagi, biasanya satu minggu setelah anakan di ambil dari sarangnya.
  2. Anakan lebih akrab dengan manusia atau tidak liar.
  3. Jalak Bali hasil penagkaran akan menghasilkan suara kicauan yang lebih indah.
  4. Burung juga lebih mudah untuk di latih sehingga suaranya bisa di sesuaikan dengan keinginan pemeliknya dengan cara di master dengan menggunakan suara burung yang di kehendaki.
  5. Saat di sertakan lomba, burung hasil penagkaran tidak gampang stres menghadapi lingkungan yang baru.

Supaya anakan Jalak Bali lebih cepat besar,  kita perlu memberikan pakan yang memenuhi syarat sebagai berikut.

  • Pakan dari pelet kita campur menggunakan air matang supaya seperti bubur.
  • Jangkrik bondol.
  • Vitamin B komples sirup.
  • Kalsium sirup.
  • Air matang.

Diperlukan ketelatenan pemelihara dalam merawat piyikan. sebab  piyikan yang baru berumur satu minggu ini membutuhkan penanganan yang ekstra hati-hati, terutama jadwal pemberian pakannya. Sedikitnya setiap 45 menit, anakan harus diberi pakan jangkrik. Sebelum diberikan, jangkrik harus dibersihkan terlebih dahulu dengan cara dilarutkan ke dalam air vitamin.

Agar piyikan tetap sehat,  anakan juga perlu dilakukan penjemuran terutama pada pagi hari dan cukup 5 menit. jadi tidak hanya dihangatkan dalam inkubator, tapi juga perlu mendapatkan sinar matahari pagi.

Setelah memasuki usia 21 hari, anakan sudah bisa diberikan adonan voer yang dicampur dengan kroto segar dan bersih. Kedua bahan ini dicampurkan bersama  air hangat dan diberikan setiap saat. Jadi setiap diberikan harus selalu dalam keadaan baru, alias benar-benar fresh. Waktu pemberian pakan dimulai dari jam 6 pagi sampai pukul 9 malam. Seminggu sekali diberikan butiran minyak ikan.

Dengan perawatan yang telaten, anakan Jalak Bali sudah bisa makan sendiri setelah memasuki usia 30 hari. Saat itulah Anda bisa memasangkan gelang kode penangkar. Anakan berumur  1 bulan sudah bisa Anda pasarkan, dan tentunya juga harus dilengkapi dengan sertifikat dari penangkar. Itulah contoh metode perawatan anakan Jalak Bali yang bisa diterapkan untuk proses penangkaran Jalak Bali Anda.

cara merawat anakan jalak bali,cara merawat anakan jalak bali,cara merawat anakan jalak bali,cara merawat anakan jalak bali,cara merawat anakan jalak bali

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!