Skip to main content
Kandang Ayam Joper

Desain Sederhana Kandang Ayam Joper

Kandang Ayam Joper – Kandang merupakan tempat yang sangat penting jika Anda ingin memelihara hewan ternak, khususnya ayam. Kondisi kandang yang nyaman dan bersih akan mencegah berbagai penyakit dan stres pada ayam, sehingga ayam dapat bertelur atau menghasilkan daging dengan baik.

Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan kandang ayam joper. Sehingga kandang tersebut akan layak untuk digunakan dalam berternak.

1. Letak Kandang

Letak dari kandang ayam joper ini perlu diperhatikan. Setidaknya jarak penempatan kandang berada sekitar 100 meter dari pemukiman warga untuk mengantisipasi penyakit pada ayam yang dapat menular pada manusia.

Hal ini juga bertujuan untuk mengantisipasi ketidaknyamanan penduduk akibat limbah hasil ternak.  Selain itu, penempatan kandang yang jauh dari pemukiman dikarenakan ayam kampung akan sangat berisik pada jam tertentu, sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitarnya.

2. Arah Kandang

Kandang yang baik menghadap ke barat dan timur sehingga langsung terkena sinar matahari. Ini untuk menjaga kesehatan ayam joper, karena sinar matahari dapat membantu metabolisme kalsium, sehingga menjaga tulang ayam tetap sehat. Namun, penelitian telah dilakukan dan kepala ayam yang menghadap ke timur lebih sehat daripada ayam yang menghadap ke barat.

3. Akses Menuju Kandang

Untuk kemudahan dalam akses transportasi akan membantu dalam pemasaran dan pembelian pakan ayam joper. Pastikan kandang ayam kampung super tersebut dapat diakses oleh kendaraan roda dua maupun roda empat dengan mudah.

4. Penyaluran Limbah

Dalam sebuah kandang ayam joper, perlu dipastikan limbah ternak dapat tersalur dengan baik dan benar agar tidak terjadi penumpukan kotoran maupun genangan air. Hal tersebut dapat dengan mudah menimbulkan penyakit bagi ayam maupun manusia. Oleh karena itu, dibutuhkan saluran dan tempat untuk menampung kotoran ayam tersebut agar dapat terkumpul pada satu tempat.

Peternak dapat memperoleh keuntungan lebih dari kotoran ayam ini karena dapat dijual dan digunakan sebagai pupuk alami atau pupuk kandang.

5. Kontruksi Bangunan Kandang

Peternak tidak perlu membeli bahan-bahan mahal, cukup hanya dengan harga murah dan berkualitas tinggi untuk dapat membuat kandang ayam joper. Karena ketika kandangnya rusak, Anda bisa dengan mudah mendapatkan material untuk memperbaikinya. Anda juga dapat menggunakan bahan limbah dari rumah seperti kayu lapis, papan kayu, bambu, dan sejenisnya untuk membuat kontruksi kandang ayam joper.

Dalam beternak ayam joper, terdapat dua jenis kandang yang dibutuhkan yaitu kandang box yang berfungsi untuk memelihara anakan ayam berusia 1 hingga 3 minggu dan ketika usia ayam joper sudah menginjak 3 minggu atau 21 hari, maka perlu dipindahkan kedalam kandang pembesaran.

Dibawah ini adalah beberapa contoh kandang Ayam Sederhana:

Kandang Ayam Joper
Kandang Ayam Joper
Kandang Ayam Jowo Super
Kandang Ayam Kampung Super
Kandang Ayam Joper
Kandang Anakan Ayam Joper
Kandang DOC Ayam Joper
Kandang Ayam Joper
Kandang Pembesaran Ayam Joper
Kandang Ayam Joper
Kandang Indukan Ayam Joper

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!